Sedang Populer, Begini Manfaat Metaverse Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat metaverse dalam kehidupan sehari-hari membawa dampak positif. Anda bisa menikmati kelebihan yang ditawarkan, seperti membangun komunitas, bersosialisasi, serta menambah pundi-pundi rupiah.

Metaverse merupakan dunia komunitas virtual yang dibangun untuk saling terhubung antara satu dengan yang lain. Dalam komunitas virtual ini, orang bisa bertemu, bermain, bekerja bahkan bertransaksi jual beli seperti pada dunia nyata dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

MetaNesia sebagai platform metaverse Indonesia pertama yang menciptakan interaksi virtual dan pengalaman baru dalam memperkenalkan produk ke dunia digital. Platform buatan Telkom dan BUMN ini dibuat untuk mendukung digitalisasi dan memantapkan langkah Indonesia menuju metaverse.

Apa Saja Manfaat Metaverse dalam Kehidupan Sehari-hari?

Teknologi metaverse mempunyai manfaat besar dalam kehidupan. Teknologi dunia virtual membawa dampak positif untuk manusia. Yang mana para penggunanya dimungkinkan untuk saling berinteraksi secara virtual dengan menggunakan perangkat yang berbasis Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR). Berikut manfaat Metaverse dalam kehidupan sehari-hari:

  • Pengguna bisa bersosialisasi dengan bebas

Para pengguna teknologi Metaverse bisa bersosialisasi dengan pengguna lainnya secara online. Hal ini dikarenakan dunia metaverse mempunyai jangkauan yang tak terbatas. Dengan begitu kapan saja dan di mana saja, para pengguna nantinya bisa saling terhubung dengan pengguna lainnya dalam dunia virtual yang telah dirancang sedemikian rupa.

  • Meningkatkan perekonomian

Dunia metaverse ini dikatakan bisa meningkatkan perekonomian karena setiap orang bisa membeli tanah, rumah, bahkan bisa belanja barang yang diinginkan di dalamnya. Bukan hanya itu saja, pengguna teknologi juga bisa bekerja, berinteraksi dengan dan merencanakan proyek di jagat virtual tersebut.

  • Menciptakan peluang kerja

Teknologi metaverse ini ternyata bukan hanya mempengaruhi terhadap perekonomian saja. Namun juga untuk peluang karir bagi kehidupan manusia. Karena seiring berkembangnya teknologi metaverse, beberapa profesi baru bisa mulai bermunculan.

  • Sarana hiburan secara virtual

Bersama dengan hadirnya tren metaverse ini, sarana hiburan virtual menjadi tren bisnis baru. Tanpa keluar rumah, pengguna akan tetap bisa merasakan euforia pameran, menonton konser, bahkan liburan secara nyata di dunia metaverse. Ini merupakan keuntungan yang didapat jika Anda bergabung dengan dunia virtual tanpa batas tersebut.

  • Menyediakan ruang untuk bekerja

Diketahui banyak perusahaan yang menerapkan Work From Home (WFH) untuk karyawannya semenjak pandemi Covid-19 melanda di berbagai negara, termasuk juga di Indonesia. Dengan adanya teknologi metaverse ini setiap orang dapat bergabung di kantor virtual metaverse yang sebelumnya sudah dibuat oleh perusahaan penyedia layanan.

Hal ini tentunya menjadi pilihan yang ampuh dan menyenangkan untuk melakukan pekerjaan secara jarak jauh dan dikendalikan melalui dunia virtual yang luar biasa.

Bagaimana Cara Kerja Metaverse?

Metaverse merupakan bagian kecil dari dunia Internet yang disajikan dalam platform virtual. Pengguna juga bisa melakukan berbagai aktivitas di platform, mulai dari berinvestasi juga bekerja dari jarak jauh, seperti yang mereka lakukan di dunia nyata.

Namun, beberapa persiapan dibutuhkan untuk terjun ke dunia virtual Metaverse. Pertama-tama, Metaverse tidak bisa lepas dari Internet sebagai pintu gerbang utamanya. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti saat ini.

Selain itu, proses kerja Metaverse perlu didukung dengan berbagai perangkat modern yang canggih seperti headphone dan kacamata AR atau VR. Keberadaan kedua perangkat ini diperlukan jika ingin hidup di dunia metaverse yang serba virtual dan menggunakan sistem AR dan 3D. P

Pengembangan Metaverse sendiri dapat menggunakan berbagai produk yang mendukung sistem augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Ini seperti tangan robot dan kacamata VR berteknologi tinggi. Alat-alat ini dibutuhkan bagi pengguna untuk membuat aktivitas mereka di Metaverse lebih realistis dan lebih mudah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *